Welcome to my Blog....

Hi semua....

Semoga blog ini dapat bermanfaat buat kalian semua dan bisa bertukar informasi..

Selasa, 09 November 2010

BAGAIMANA MENCAPAI KEHIDUPAN YANG SUKSES DAN BAHAGIA

Gaya hidup glamour dari para selebriti, dan pola hidup konsumerisme, yang banyak di ekspose di televisi telah mempengaruhi pandangan banyak orang tentang keberhasilan, dan kesuksesan. Akibatnya, banyak orang terlalu sibuk mengejar materi dengan mengabaikan aspek lain dari kehidupannya. Bagi mereka, keberhasilan hanya diukur dari kemapanan financial atau materi saja. Padahal masih banyak aspek lain dari hidup kita selain materi.
Apa gunanya materi kalau hidup sakit sakitan ? hidup dalam kecemasan, atau anak anak tidak mengenal sosok ayah pada diri kita ?

Memang segala hal di dunia ini tidak ada yang gratis: pendidikan anak anak, rumah, trasportasi, sampai liburan keluarga, semuanya butuh uang. Dengan uang, kita dapat memberikan fasilitas, kemudahan atau bahkan kemewahan pada orang orang yang kita cintai. Namun ada hal hal tertentu yang tidak dapat dibeli dengan uang. Dengan uang yang dimilikinya, seseorang dapat membeli ranjang paling mewah & empuk di dunia, tapi "nyenyak"-nya tidur tidak dapat dibeli dengan uang. Dengan uang Anda bisa membeli paket liburan ke tempat tempat yang eksotis di ujung dunia, lengkap dengan fasilitas first classnya, namun hubungan harmonis Anda dan keluarga selama liburan tidak dapat dibeli dengan uang.
Jadi, sangat penting untuk mencapai kemapanan financial asal dibarengi dengan kemapanan di aspek/dimensi lainnya.Kemapanan financial menjadi sebuah "kemubaziran" bila aspek lainnya gagal kita raih.

Seseorang dikatakan memilki kehidupan yang sukses dan bahagia, bila mencapai 5 dimensi sukses secara berimbang, yaitu :
1. Financial
2. Spiritual
3. Physical
4. Mental
5. Social
Dari kelima aspek tersebut, tidak ada yang lebih penting, karena semua memilki bobot yang sama. Jika Anda bagus di aspek financial, tapi jelek di empat aspek lainnya, maka itu sama buruknya dengan bagus di aspek spiritual namun jelek di keempat aspek lainnya.
Yang bisa dilakukan, adalah menyusun prioritas, namun kelimanya wajib Anda capai secara seimbang.

Mari kita review secara singkat satu persatu :

1. Financial :
Memiliki kemampuan financial yang cukup, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar dan memiliki gaya hidup yang baik.
Penting untuk memiliki tanggung jawab moral, dan integritas yang baik, dalam mengejar kemapanan financial.
Kelola financial Anda dengan rumusan 4-3-2-1, yaitu :
40% income untuk biaya hidup.
30% income untuk investasi jangka panjang.
20% income untuk kesenangan dan hobby.
10% income untuk derma pada sesama.

2. Spiritual :
Memiliki kesadaran untuk selalu bersyukur dalam setiap kondisi yang dihadapi tiap hari.
Perwujudan terbaik dari rasa syukur adalah dengan berderma kepada orang-orang yang bernasib tidak sebaik kita. Tiap bulan, dermakan minimal 10% dari pendapatan Anda per bulan.
Pastikan dalam satu minggu, Anda memiliki waktu untuk beribadah bersama keluarga.

3. Physical :
Memiliki pola hidup yang sehat, dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur.
Kebanyakan orang, asyik mengejar materi, dengan mengorbankan bahkan seringkali "memperkosa" kesehatanya sendiri.
Dan, pada saat kesehatannya bermasalah, orang rela menghabiskan semua materi yang telah diraihnya dengan susah payah, hanya untuk mengembalikan kesehatan, yang awalnya telah disia- siakannya.Sungguh sebuah ironi dalam kehidupan...
Jadwalkan waktu minimal 3 jam dalam seminggu untuk aktivitas olah raga yang Anda sukai.Yang saya maksud disini adalah Anda benar-benar menjadwalkan waktu, bukan menunggu atau mencari waktu luang.Banyak kasus, menunggu waktu luang berarti tidak pernah sama sekali, karena adanya urusan lain yang "terlihat" lebih penting dari olah raga. Biasakan untuk parkir mobil Anda di deretan paling ujung dari area parkir, hal ini akan memaksa Anda untuk ber jalan kaki lebih jauh tiap harinya.Hindari memakai lift bila memungkinkan.Konsumsi buah buahan secukupnya tiap hari.
Pastikan Anda minum minimal 6 gelas air putih per hari.Jangan pernah menunggu haus untuk minum air putih, karena hal itu berarti tidak pernah minum 6 gelas per hari. Tapi dengan sengaja, "paksakan" untuk minum air putih, selalu bawa air mineral dalam botol, kemanapun Anda pergi.Memang, kebiasaan ini akan merepotkan Anda untuk selalu bolak balik ke toilet. Tapi percayalah, itu tidak lebih merepotkan dibanding harus rutin cuci darah karena gagal ginjal...

4. Mental :
Memiliki keluarga yang harmonis, sehingga mendapatkan kedamaian pikiran, dan ketenangan batin.
Jangan korbankan waktu bersama anak anak dan istri Anda di malam hari atau di akhir pekan dengan mengerjakan tugas tugas kantor di rumah. Kalau memang terpaksa ada tugas yang harus diselesaikan, maka korbankan waktu tidur Anda.Jangan korbankan anak anak dan istri Anda.
Pastikan Anda bisa hadir di beberapa acara yang diadakan oleh sekolah anak Anda.Sejak anak saya masuk todler/pra playgroup, saya sudah komitmen untuk selalu menjadwalkan mengambil raport anak saya. Dengan begitu, saya selalu mengetahui perkembangan anak saya.
Minimal setahun sekali, ajak kelurga Anda untuk berlibur bersama.

5. Social :
Mendapat respect dari orang orang yang dicintainya, rekan kerja, kolega bisnis, dan masyarakat di sekitarnya.
Hal ini hanya bisa diperoleh bila kita memiliki karakter yang baik. Luangkan waktu untuk aktivitas sosial di lingkungan Anda.

Dengan mencapai 5 aspek tersebut secara seimbang, maka seseorang dapat menikmati sukses dan kebahagiaan dalam arti yang seluas - luasnya.Yang terpenting bukanlah apa yang akan Anda raih, namun akan menjadi apa diri Anda nantinya...

Selain 5 aspek tersebut diatas, juga diperlukan "cakrawala" ( cara pandang terhadap kehidupan ) yang luas...silahkan klik link dibawah ini untuk mendapatkan pengertian yang benar tentang cakrawala tersebut....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar